Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kota Palembang

Herman Deru Harapkan Lulusan Kedokteran Unsri Siap Mengabdikan Diri Hingga ke Desa

173
×

Herman Deru Harapkan Lulusan Kedokteran Unsri Siap Mengabdikan Diri Hingga ke Desa

Sebarkan artikel ini

Sumsel.relasipublik.com | Palembang
–Pelantikan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) di Gedung Azwar Agoes Fakultas Kedokteran Unsri Madang, Selasa (15/2/2022).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani, Putri ketiga Gubernur, Leony Marezza Putri, Kepala RSUD Siti Fatimah Syamsuddin Isaac Suryamanggala, Kadinkes Sumsel Lesty Nurainy, dan beberapaa pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel serta jajaran Fakultas Kedokteran Unsri.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, profesi dokter memiliki peranan penting dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok daerah.

Karena  itulah, Gubernur Herman Deru berharap agar mahasiswa yang telah selesai menempuh pendidikan kedokteran tersebut agar siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di desa-desa.

“Persoalan terkait tenaga kesehatan termasuk dokter ini adalah penyebarannya. Secara kuantitas, dokter ini sudah banyak. Namun memang penyebarannya belum merata. Saya minta alumni kedokteran ini tidak hanya memilih untuk bertugas di perkotaan saja, tapi juga siap untuk mengabdi di desa-desa,” katanya.

Menurutnya, masyarakat di pelosok desa memang sangat membutuhkan sosok dokter.”Kita harus memikirkan masyarakat di ujung sana (desa) yang membutuhkan peran dokter. Mereka juga butuh pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Apalagi di situasi pandemi saat ini. Dokter memiliki peranan besar dalam memerangi wabah tersebut. Tidak hanya soal kesehatan, tapi juga kesiagaan dalam memberikan edukasi.”Peran dokter ini juga tidak hanya urusan pelayanan kesehatan. Edukasi untuk pola hidup sehat kepada masyarakat juga penting diberikan. Saya ingin dokter ini menjadi trendsetter sehingga bisa menjadi panutan masyarakat,” terangnya.

Disisi lain, Herman Deru juga berpesan kepada Fakultas Kedokteran Unsri agar terus meningkatkan lulusannya sehingga bisa tetap bersaing.”Kita butuh dokter yang berpengalaman. Jika memang menurut perhitungan medis masih bisa belajar atau ofline maka lakukan dengan tatap muka. Semoga kita bisa terus mencetak dokter yang berprestasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unsri Anis Saggaff mengatakan, Kedokteran Unsri merupakan salah satu fakultas yang cukup diandalkan di Unsri.”Fakultas ini memang cukup diperhitungkan. Apalagi, kedokteran di Unsri ini memiliki dua rumah sakit pendidikan yakni RSMH dan RSUD Siti Fatimah. Sebab itulah, ini akan terus kita kembangkan,” paparnya.

Terlebih, keberadaan Fakultas Kedokteran Unsri didukung oleh Pemprov Sumsel.”Gubernur Herman Deru juga demikian. Beliau merupakan pemimpin daerah yang intens memperhatikan perkembangan Unsri ini,” bebernya.

Dekan Fakultas Kedokteran Unsri dr. H. Syarif Husin, M.S mengatakan, pihaknya bermimpi Fakultas Kedokteran Unsri akan go internasional tingkat ASEAN.  “Kita akan melakukan pengembangan FK Unsri dengan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri diluar negeri di ASia Tenggara seperti Filipina,  Malaysia.  Kehormatan juga bagi kami,  ada lulusan dari luar negeri yang kembali ke Indonesia adaptasinya ke FK Unsri baik dari Cina,  Filipina,  Vietnam dan beberapa negara Eropa.  Artinya mahasiswa lulusan kedokteran dari luar negeri dengan beradaptasi di sini maka bisa bertukar pengalaman dengan mahasiswa kita, ” pungkasnya.

Diketahui, pelantikan itu juga dilakukan kepada Ratu Tenny Leriva yang merupakan putri bungsu dari Gubernur Herman Deru. Ratu Tenny merupakan mahasiswi kedokteran di Unsri. ( Ocha )

Editor : Elsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *