Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kota PalembangSumatera SelatanTerbaru

Herman Deru : Masa Covid-19 Sudah Ada Pemulihan Eksport

62
×

Herman Deru : Masa Covid-19 Sudah Ada Pemulihan Eksport

Sebarkan artikel ini

Relasipublik.com | Palembang – Peninjauan Terminal Domestik dan Internasional Terminal Petikemas dan Konvensional IPC Palembang, yang di lakukan di Gedung Kantor IPC Pelabuhan Palembang, Selasa (29/12/2020).

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, aktivitas di IPC ini padat. Di masa covid-19 ini sudah ada pemulihan eksport. “Kapal ini di Singapure 36 jam balik lagi-balik lagi. Jadi dalam 5 hari udah di sini ini,” ujarnya.

Herman Deru menuturkan, untuk komoditas yang dibawa antara lain karet, kelapa, sawit. “Ini membanggakan sekali. Harusnya kita mulai beradaptasi menyiasati covid ini, di new normal. Beraktivitas di masa pandemi,” bebernya.

“Apalagi saya lihat, kurvanya dilihat sudah hampir normal.Kita berterima kasih pula ke palabuhan ini. Terima kasih juga dengan Lanal dan KSOP,” ucapnya.

Herman Deru mengungkapkan, dualing time di IPC ini termasuk cepat, paling lama 20 jam selesai. “Itu artinya tidak sampai 24 jam, bongkar muat barangnya sudah selesai,” katanya.

“Tinggal kita yang sedang berupaya untuk membuat pelabuhan dalam kota ini. Untuk di sungai Lais untuk barang disini untuk orang, dimana luas di Pelabuhan Sungai Lais mencapai 200 hektar,” tandasnya.

Sementara itu, General Manager Pelindo II Cabang Palembang, Silo Santoso, menambahi pihaknya telah merencanakan pembangunan pelabuhan sedari 2019. Untuk itu RIP sangat penting sebagai landasan untuk melangsungkan pembangunan.

Dia menuturkan, pembangunan Pelabuhan Lais yang representatif, membutuhkan investasi sebesar Rp 168 miliar. “Setelah RIP terbit akan kita sesuaikan dengan proses pembangunannya. Sementara ini kita masih melayani bongkar muat komoditi curah cair (CPO), semen konvensional, dan batu split,” tuturnya.

Namun, diutarakannya tidak menutup kemungkinan untuk terjadi penambahan komoditi barang disana. untuk itu, sembari menunggu terbitnya RIP. Pelindo Palembang melakukan beberapa persiapan sebelum semakin semarak lalu lintas disana.

“Tahap pertama kita melakukan pengerasan jalan, tebal 30 cm sepanjang 1,9 KM. Jalur yang akan terhubung dengan jalur lingkar timur dan selatan. Inilah salah satu solusi mengatasi kepadatan masuk Kota,” pungkasnya.(Ocha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *