Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kabupaten Lahat

Ada 2 Cabup Lahat Dari Kikim, Sam : Uraikan Saja Silsilahnya, Agar Tidak Jadi Informasi Bohong

145
×

Ada 2 Cabup Lahat Dari Kikim, Sam : Uraikan Saja Silsilahnya, Agar Tidak Jadi Informasi Bohong

Sebarkan artikel ini

Relasipublik.com | Lahat
– Adanya beberapa pemberitaan media massa yang memberitakan ada dua orang calon Bupati Lahat asli keturunan Kikim, membuat beberapa warga kikim bertanya tanya, siapa ?

Seperti dikatakan Saiful warga Batu Niding, kalau ada warga Keturunan Kikim yang ncalon Bupati Lahat kami bangga
“Alhamdullilah, ada putra Kikim yang ncalon Bupati Lahat, karena selama Lahat berdiri, setahu saya belum ada warga Kikim yang jadi Bupati Lahat” ujar Saiful.

“Setahu saya, hanya Bursah Zarnubi yang asli kelahiran Kikim, orang tuanya saya tahu, asal desanya saya tahu, selain Bursah, dari ketiga nama yang beredar mencalonkan diri, setahu saya hanya Bursah yang keturunan Kikim” ujar Saiful lagi.

Senada Saiful, Yahni juga mengatakan, dirinya seorang pedagang keliling mengatakan hanya Bursah Zarnubi dari ketiga nama calon Bupati Lahat yang orang Kikim. “La neman juge, bedagang ngampas keliling Kikim ni, Gi Bursah setahu ku ye jeme kikim” ujar Yahni.

Masih kata Yahni, biasanya kalau ada warga asal desanya yang mencalonkan diri sebagai pejabat apalagi Bupati, pasti warga desa tersebut heboh bercerita. “Di kikim ni, gi dusun Tanjung Agung tu la hibur maur ngateka jeme dusune ncalon Bupati, dusun lain dide tedengaer” ujarnya lagi.

Di timpali oleh Samsudin,  sangat mudah untuk mengetahui benar atau tidaknya seseorang keturunan Kikim, minta saja silsilah. “Kalau Bursah Zarnubi jelas, Bapaknya bernama Zarnubi asli Desa Tanjung Agung Kecamatan Pseksu dan ibunya Mahuna asli desa Talang Tinggi Kecamatan Pseksu, Kuburan Puyangnya Bursah Zarnubi ada di Desa Tanjung Agung” jelas Samsudin.Minggu (8/09/2024)

“Nah Kalau ada yang ngaku keturunan kikim, tanya silsilahnya dan dimana kuburan Puyangnya, kami tunggu informasinya, Kalau jelas tidak menjadi berita bohong” katanya lagi.

Begitu juga ketika media ini mencari informasi ke Desa Sukamerindu Kecamatan Kikim Barat, yang informasinya ada putra daerah keturunan desa ini yang mencalonkan diri sebagai Kabupaten Lahat.

“Setahu saya sampai saat ini tidak ada tidak terdengar warga desa kami atau keturunan desa kami yang berada diluar desa atau di perantauan yang mencalonkan diri sebagai calon Bupati Lahat, umur ni la tue juge, dusun kecik, banyak penganingan” kata Mahyudin .

“Tuape amun ade nian, iluk, ribang kami amun ade keturunan san puyang dusun ni ade ye ncalon bupati” pungkasnya

Sementara Bursah Zarnubi, ketika dikonfirmasi tentang calon calon asal daerah Kikim, mengatakan
“Masyarakat sudah cerdas dalam memilih dan tak usah dipermasalahkan, semua punya hak dan kewajiban yang sama untuk membangun kabupaten Lahat, ayo kita ciptakan Pilkada damai, semua bersaudara” kata Bursah .

Sebagaimana diketahui pada Pilkada Kabupaten Lahat November 2024 nanti, ada tiga calon Bupati Lahat, yaitu Bursah Zarnubi, Yus Maulana dan Lidiawati dengan Wakil wakilnya Widia Ningsih, Budiarto dan Haryanto. (EY)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *