Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kabupaten Lahat

Pemkab Lahat Launching PIN Polio 2024, Capaian Periode Pertama 102%

131
×

Pemkab Lahat Launching PIN Polio 2024, Capaian Periode Pertama 102%

Sebarkan artikel ini

Relasipublik.com | Lahat
—Pemerintah kabupaten Lahat melaksanakan Launching PIN polio 2024, yang mengambil tema ” Mari sukseskan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Kamis (15/08/2024) bertempat di halaman Gedung Olahraga (GOR) kabupaten Lahat provinsi Sumsel.

Tampak hadir dalam kegiatan PJ Bupati Lahat Imam Pasli SSTP MSi, PJ ketua PKK kabupaten Lahat beserta anggota, Ketua Bhayangkari Lahat Ketua Dharma Wanita Lahat beserta anggota PLH Kadinkes Lahat dan jajarannya, camat, lurah, kepala puskesmas sekab Lahat serta yang melaksanakan pin polio didampingi orang tua masing-masing.

Plh Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Lahat Ubaidillah SKM MKes menyampaikan
Launching pekan imunisasi nasional (PIN) yang saat ini sebenarnya sudah masuk ke periode kedua, Alhamdulillah pada periode pertama kemarin kita sudah mendapatkan cakupan 102% mudah-mudahan untuk tahap kedua ini kita juga akan mendapatkan cakupan yang sama harus mencapai 100% juga .

Berdasarkan data di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2024, kasus lumpuh layu akut atau bahasa daerahnya kincut/ ngerutut .
dari analisis ditemukan di pendugaan Kabupaten nduga terkonfirmasi positif, melalui pemeriksaan laboratorium padahal Indonesia ini sebenarnya tinggal sedikit lagi untuk mendapatkan sertifikat bebas polio. ternyata ditemukan satu kasus sehingga kita belum mendapatkan sertifikat bebas polio dari WHO .

“Oleh karena itu pemerintah pusat ini Kementerian Kesehatan membuat kebijakan untuk melakukan imunisasi untuk memberikan vaksinasi polio kepada seluruh anak yang masih di dalam batasan umur,
untuk membantu rantai penularan polio dan melindungi anak-anak”, ucap Ubaidillah..

“Dii Kabupaten Lahat mengadakan PIN khusus folio dan jangan sampai ada anak yang tidak mendapatkan vaksin ini, atau terlewatkan .Di kabupaten Lahat ada 35 Puskesmas, Yang tersebar dalam 830 pospin jadi kita adalah 830 Kospin yang terdiri dari kelompok bermain ada PAUD ada TK ada SD dan Ada posyandu total sasaran tim sebanyak 60.275 anak dengan 2 putaran yaitu putaran 1 pada tanggal 23 sampai 29 Juli 2024 putaran kedua pada tanggal 12 sampai 19 Agustus 2024″, ucapnya.

jadi target kita adalah tanggal 19 Agustus ini sudah selesai dan akan mendapatkan 100% Jadi kami mengharapkan kerjasama dari rekan-rekan kepala Puskesmas untuk mengejar ini walaupun kita sudah mulai nya hari Selasa Insya Allah tanggal 19 kita terus dengan cakupan 100%, kami mohon dukungan dari semua pihak,” kata Ubaidillah.

“Melalui kesempatan ini saya mengharapkan kepada seluruh petugas kesehatan dapat melakukan upaya komunikasi informasi dan edukasi kepada masyarakat serta memantau status imunisasi setiap sasaran yang ada di wilayah kerjanya untuk memastikan setiap sasaran mendapatkan imunisasi lengkap sesuai dengan yang dianjurkan”, tuturnya .

Sementara PJ Bupati Lahat Imam Pasli SSTP MSi mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat serta semua pihak yang terlibat atas keberhasilan kita meraih penghargaan UHC penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa kita telah memberikan layanan kesehatan yang merata dan berkualitas , Alhamdulillah upaya kita tersebut telah diakui oleh pemerintah dan pada beberapa waktu yang lalu penghargaan ini diserahkan langsung oleh bapak wakil presiden Republik Indonesia jadi semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk kita terus bekerja keras demi kesehatan masyarakat Kabupaten Lahat”, ucap Imam.

Terkait dengan Polia memang sudah seharusnya kita pada waktu itu Indonesia ini sebenarnya bebas polio namun mungkin karena terjadinya pandemi covid beberapa waktu yang lalu sehingga pelaksanaan imunisasi ini tidak bisa berlangsung secara optimal ada yang terlewatkan akhirnya muncullah kasus polio pada waktu itu di Papua, karenanya terkait dengan kegiatan kita pada hari ini saya minta kepada seluruh jajaran agar nanti sama-sama menyisir target sasaran anak-anak yang harus mendapatkan imunisasi polio.

Jadi jangan hanya melihat balita yang ada di desa-desa saja tetapi juga kita harus mulai memfokuskan juga kepada sasaran yang rentan, siapa sasaran nya . Ada juga seperti pemulung yang kadang tidak terdaftar warganya ini sasaran jangan terlewatkan. Beda dengan anak anak yang di posyandu ada didata mudah ngontrolnya. Juga anak anak yg rentan lainnya ini juga harus Kita waspadai harapannya agar tidak ada polio dan kabupaten Lahat bebas folio.

“Dan tidak terjadi KLB di kabupaten Lahat, kami mohon dukungan dari semua pihak baik itu dari instansi pemerintah, dinas kesehatan, Dinas Sosial, Mari sama-sama kita bekerja dalam rangka untuk memperluas cakupan pelaksanaan pekan imunisasi polio (PIN) harapan nya seluruh target sasaran mendapatkan imunisasi sehingga kabupaten Lahat bebas polio “, katanya.

Di tempat yang sama,Aiwa Marlina SKM M.Kes Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Lahat menyampaikan Launching PIN polio 2024, ini periode kedua, periode pertama tanggal 23 Juli 2024 tetapi bapak PJ Bupati Lahat baru di lantik, namun di putaran pertama tadi alhamdulillah kabupaten Lahat sudah nomor 2 di Sumsel, nomor 1 Ogan Ilir cakupan kita
102, 9 % , Insya Allah di putaran kedua mencapai 100% juga . Target kita
sebanyak 60.275 anak, karena sasaran usia 0 – 7 tahun ,” ucap Aiwa .(EY)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *