Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDAERAHKota PalembangSumatera SelatanUncategorized

Dalam Rangka Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ini Dilakukan PT PLN, Ada Beberapa Disampaikan Kegiatannya

71
×

Dalam Rangka Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ini Dilakukan PT PLN, Ada Beberapa Disampaikan Kegiatannya

Sebarkan artikel ini

RELASIPUBLIK.COM. PALEMBANG, – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkit (IP UBP) Keramasan hari ini melaksanakan Employee Green Involment/Pembersihan Sungai dan Pengelolaan Sampah dalam rangka yang mana kegiatan ini sendiri dipusatkan di Plasa 7 Ulu Dermaga Sungai Kapitan, Palembang.

Adapun kegiatan ini sendiri dihadiri dari pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Penjabat Gubernur Sumsel diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) dalam hal ini Kepala DLHP Provinsi Sumsel, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DISPERKIM) Provinsi Sumsel, Manager PLN IP UBP Keramasan Syafi’i, Asisten Keuangan dan Umum PT PLN IP UBP Keramasan Palembang Riska Adrianti, dan undangan lainnya.

Dikatakan Kepala DLHP Provinsi Sumsel Herdi Apriansyah, S.STP., M.M, kegiatan seperti ini setiap tahun dilaksanakan, di mana tahun kemarin dilaksanakan di seberang ini, dan tahun ini di kampung kapitan, dan alhamdulillah selalu kita dorong, baik itu dari Pemprov Sumsel maupun Pemerintah Kota Palembang dalam rangka menyukseskan acara bersih-bersih sungai seperti ini.

Kalau untuk bank sampah alhamdulillah sudah berjalan, kalau untuk provinsi Sumsel ada dua bank sampah skala besar, yakni bank sampah yang ada di Sukawinatan dan Prabumulih. di mana ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Karena dari berbagai acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu ada beberapa item, salah satunya adalah pembersihan sungai. Di mana PT PLN IP UBP Keramasan pada hari bekerja sama dengan DLHP dan juga dengan Dinas PU PERKIM Sumsel dalam rangka melaksanakan kegiatan ini dan dibantu oleh beberapa komunitas masyarakat yang komunitas lingkungan hidup,” ujarnya.

Kemudian, seperti komunitas sampah seperti di sini yang ada di sini adanya bank sampah perwakilan, tokoh masyarakat sekitar di Kampung Kapitan, dalam rangka pembersihan sampah ini. Kegiatan seperti ini setiap tahun dilaksanakan alhamdulillah PT PLN setiap tahun dilaksanakan. Di mana tahun kemarin sama seperti didaerah ini Seberang Sungai Musi deretan seberang Ulu ini, dan tahun ini di Kampung Kapitan.

Jadi seingat saya dua kali PT PLN menyelenggarakan kegiatan seperti ini, dan alhamdulillah selalu kita dorong baik itu dari Pemprov Sumsel maupun pemerintah kota Palembang dalam rangka menyukseskan acara bersih-bersih sungai seperti ini.

“Kalau dengan DISPERKIM kita bukan lagi berkolaborasi, memang kita satu arah, serta berdampingan terus dengan DISPERKIM, karena mengingat yang namanya perumahan dan permukiman tentu tidak lepas dari keadaan lingkungan hidup di sekitar perumahan,” ungkapnya.

Menurut Manager PLN IP UBP Keramasan Syafi’i dengan didampingi Asisten Keuangan dan Umum PT PLN IP UBP Keramasan Palembang Riska Adrianti, hari ini kami memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, dengan mengajak beberapa komunitas, dan beberapa dinas, seperti DLHP dan DISPERKIM untuk bersama-sama mengumpulkan sampah yang ada di sekitar Kampung Kapitan ini.

Ini merupakan upaya kami untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, bahwa kita harus memelihara lingkungan terutama sampah-sampah yang ada disungai Musi yang kita cintai ini. Kita akan melaksanakan rutin setiap tahun, karena ini merupakan komitmen perusahaan yang ramah lingkungan.

“Dan selalu berwawasan lingkungan dalam melaksanakan kegiatan operasi kesehatan, jadi peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia akan kita laksanakan setiap tahun, dengan tentu lokasi yang berbeda, dan kegiatan yang berbeda juga,” katanya.

Dilanjutkannya, kami ada kerja sama dengan bank sampah untuk mengelola sampah ada yang sebut dengan B3, yang sampah plastik itu yang bisa dimanfaatkan oleh komunitas dan oleh tokoh masyarakat setempat.

Di mana kegiatan hari ini merupakan salah satu program PLN Grup yang dilaksanakan seluruh Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, jadi PLN berbarengan dari tanggal 3 sampai 5 Juni tahun 2024 itu 5 Juni 2024.

“Di mana PT PLN Persero IP UBP Keramasan memilih di tanggal 5 Juni 2024 dengan membersihkan lingkungan sekitar Kampung 7 Ulu atau Kampung Kapitan dengan melibatkan beberapa komunitas, dinas lingkungan hidup provinsi, dinas lingkungan hidup kota Palembang, dan sebagainya,” ucapnya.

Masih dilanjutkannya, di mana yang biasa membersihkan lingkungan di kota Palembang, kalau dari komunitas sendiri ditambah dengan yang lain sebanyak 200 orang yang turut menyukseskan dalam kegiatan ini, termasuk dari PT PLN Persero IP UBP Keramasan.

Alasan kita memilih kawasan ini, jadi kemarin kita sebelum melaksanakan acara ini sudah melakukan survei untuk mengetahui beberapa lokasi yang ada di kota Palembang. Kita dari PLN Persero IP UBP Keramasan melihat bahwa sekitar Kampung Kapitan ini kami rasa kurang optimal untuk pembersihan.

“Jadi kita juga berdiskusi dahulu dengan teman-teman dari DLHP Provinsi Sumsel, apakah diizinkan untuk pembersihan di lokasi ini, dan alhamdulillah diizinkan jadi kita memilih lokasi ini. Di mana rangkaian kegiatan hari ini adalah pembersihan, dan nanti sampah-sampah yang terkumpul itu akan kita pilah,” imbuhnya.

Begitu juga disampaikan Kepala DISPERKIM Provinsi Sumsel Ir H Novian Aswardani, ST., MM., IPM., ASEAN.Eng, jadi hari ini kita bersama kolaborasi PT PLN IP UBP Keramasan dengan Pemprov Sumsel hadir dan berkomitmen terhadap lingkungan yang kurang sehat. Hari ini kita adakan bersih-bersih dikawasan tepian sungai Musi yakni dikampung Kapitan.

Dan ini sangat positif sekali, kenapa saya hadir langsung, karena ini berkaitan dengan permukiman. Di mana permukiman yang ada di kota Palembang permukiman kumuh merupakan Pekerjaan Rumah kita bersama, tugas kita bersama untuk menjaga supaya lingkungan tidak terbiar kan menjadi lingkungan yang tidak sehat untuk generasi berikutnya.

“Makanya di sini hadir PT PLN, Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, dan seluruh stakeholder lainnya bersemangat untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar generasi setelah kita ini menjadi generasi yang lebih baik, dan lingkungan yang lebih sehat,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *