Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDAERAHKota PalembangPeristiwaSumatera Selatan

Jurus Jitu Heri Amalindo Bangun Infrastruktur Sumsel

48
×

Jurus Jitu Heri Amalindo Bangun Infrastruktur Sumsel

Sebarkan artikel ini

RELASIPUBLIK.COM. PALI,– Bupati PALI Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM memiliki jurus jiru Pembangunan infrastruktur agar ada pemerataan pembangunan infrastruktur di Sumatera Selatan (Sumsel) sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu dijelaskan Heri Amalindo sekaligus Bacagub Sumsel, dalam Seminar Pembangunan dengan “Tema Pengembangan Infrastruktur Dalam Mewujudkan Pembangunan Kesejahteraan Di Wilayah Sumatera Selatan”, di Kampus B Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Rabu, ( 27/12/2023).

Menurut Heri Amalindo, agar pembangunan di Sumsel dapat berjalan dengan baik dan merata, harus mengetahui apa yang menjadi prioritas di tiap daerah kabupaten dan kota.

“Sumsel memiliki 17 kabupaten dan kota. Masing-masing daerah di Sumsel tentunya berbeda apa yang menjadi kebutuhan mendasar di bidang infrastruktur pembangunan di tiap wilayah,” ujarnya.

Wilayah Sumsel, tambahnya, merupakan provinsi luas yang terdiri dari daratan dan juga perairan. Akses jalan dan jembatan menjadi faktor penting dalam pemerataan pembangunan di Sumsel yang mempunyai karakteristik goegrafis banyak Sungai.

“Ada jembatan hampir 12 tahun belum selesai. Seandainya sudah jadi, jembatan itu akan jadi akses penting dalam rangka memangkas waktu penuh jika mau ke Jambi tidak harus lewat Kota Palembang. Ini harus menjadi perhatian Gubernur mendatang,” jelasnya.

Heri Amalindo mencontohkan, daerah Muara Telang yang merupakan daerah penghasil gabah terbesar nomor 4 di Indonesia, sudah sekian puluh tahun akses jembatan tidak pernah terwujud.

“Jadi distribusi gabah dan beras masih mengandalkan melalui sungai yang memakan biaya cukup tinggi. Akses jalan dan pembangunan jembatan menjadi faktor penting dalam pemerataan infrastruktur di Sumsel,” ucapnya.

Heri Amalindo pun memaparkan saar dirinya menjadi Penjabat Bupati PALI tahun 2013, saat itu akses jalan hanya sekitar 11 persen yang layak dilalui. Listrik belum merata, kriminal sangat tinggi dan fasilitas umum masih sangat terbatas

“Jadi yang saya lalukan pertama kali saat pertama menjadi Penjabat Bupati adalah membangun infrastruktur jalan, jembatan dan fasilitas umum termasuk didalamnya kantor Polisi, rumah sakit, sekolah dan kantor pelayanan publik lainnya,” jelas Heri.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sumsel, Basyaruddin Akhmad yang menjadi narasumber mewakili Penjabat Gubernur Sumsel mengatakan, Heri Amalindo merupakan sosok yang paham betul infrastruktur.

“Dulu waktu Pak Heri Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel, saya menjadi bawahan beliau. Saya paham betul bagaimana pola pikir dan kinerja Pak Heri dalam membangun infrastruktur terutama saat menyulap Jakabaring Sport City dalam menyambut Sea Games 2011 lalu,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *