Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kabupaten Lahat

Antisipasi Karhutla, Pemkab Lahat Apel Gelar Pasukan Karhutla

222
×

Antisipasi Karhutla, Pemkab Lahat Apel Gelar Pasukan Karhutla

Sebarkan artikel ini

Relasipublik.com | Lahat
—Pemerintah kabupaten Lahat melaksanakan apel gelar pasukan karhutla dalam mengantisipasi penanggulangan bencana karhutla di kabupaten Lahat .Senin (18/07/2022) bertempat di Makodim 0405 /Lahat  .

Tampak dalam kegiatan Bupati Lahat Cik Ujang SH,. Dandim 0405/Lahat Letkol inf Toni Oki Priyono SIP, Kapolres Lahat Eko Sumaryanto Sik, ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST, Kepala OPD/Badan di lingkup Pemkab Lahat dan  pasukan apel dari TNI, Polri, BPBD,. Dishub, Manggala Agni dan pihak perusahaan .

Bupati Lahat Cik Ujang SH yang memimpin apel dalam amanatnya menyampaikan
Kita  hadir bersama di Kodim 0405 Lahat dalam rangka melaksanakan apel gelar Pasukan siaga bencana asap akibat kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla).karena kita melihat dan menganalisa prediksi kondisi cuaca oleh stasiun meteorologi diperkirakan musim kemarau tahun 2022 di Sumatera Selatan diperkirakan terjadi pada pertengahan bulan Juli 2022 dan paling lambat terjadi pada awal bulan Agustus 2022 sehingga puncaknya diperkirakan terjadi pada bulan Oktober dan Desember 2022 dengan suhu udara panas dan kering yang dapat menyebabkan kebakaran hutan kebun dan lahan .

“Alhamdulillah 3 tahun terakhir ini kita satu sisi diuntungkan dengan adanya kondisi La Nina dimana Dengan La Nina hingga bulan Juli ini kita rasakan masih turun hujan sehingga berdampak pada rendahnya kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan khususnya di kabupaten Lahat”, kata Bupati Lahat.

“Melalui apel siaga ini saya berharap dapat dijadikan momentum kesadaran dan upaya bersama dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya karhutbunla di Kabupaten Lahat,  pemerintah daerah bersama stakeholder TNI-Polri pihak swasta masyarakat dapat bahu-membahu dalam rangka mencegah kejadian kebakaran hutan kebun dan lahan di wilayah kabupaten Lahat lahat, sehingga Sumatera Selatan dan Indonesia bebas dari asap kebakaran hutan,” katanya.

“Dan dalam mengantisipasi kebakaran hutan, kebun dan lahan yang berdampak pada kesehatan masyarakat serta gangguan lainnya yang menimbulkan kerugian yang lebih luas yang saya banggakan dalam kesempatan ini saya sebagai kepala daerah kabupaten Lahat  menghimbau  kepada OPD  terkait khususnya BPBD Satpol PP Damkar bersama TNI dan Polri, pihak perusahaan,  yang ada di Kabupaten Lahat segera menyusun langkah-langkah strategis dalam upaya menghadapi musim kemarau di tahun2022 ini. Dan  kepada seluruh Camat kepala desa Lurah segera mensosialisasikan kepada masyarakat dalam mengantisipasi karhutla atas hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta dampaknya,  Camat bersama Koramil, Polsek dapat menggerakkan kepala desa dan masyarakat serta pihak swasta untuk membentuk posko sehingga jika terjadi kebakaran dapat segera diatasi ,” kata Bupati Lahat.

Ditambahkannya ,”Terimakasih BBPD , satpol PP dan Damkar, TNI, Polri, perusahan , masyarakat dan semua pihak yang telah membantu dalam mencegah karhutla di kabupaten Lahat.semoga Kekompakan ini selalu dijaga dan harapannya dengan kekompakan ini kebakaran tidak  terjadi di kabupaten Lahat,” ucap Cik Ujang.

Sementara Dandim 0405/Lahat Letkol inf Toni Oki Priyono SIP menyampaikan
Apel gelar pasukan dan perlengkapan dalam rangka siaga darurat bencana alam  seperti karhutla, banjir, tanah longsor dan angin puting beliung ini dilaksanakan bertujuan untuk kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana.  juga untuk membangun sinergi, satuan pelaksanaan penanggulangan bencana alam khususnya di wilayah Kodim 0405/Lahat ,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Forkopimda kabupaten Lahat mengecek secara langsung persiapan dan perlengkapan dalam mengantisipasi karhutla serta serta pemeriksaan pasukan satgas, dilanjutkan pemasangan pita satgas secara simbolis oleh Bupati Lahat. (EY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *