Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kabupaten Lahat

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kepala SMKN 1 Lahat : Wujudkan Indonesia Emas 2045

187
×

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kepala SMKN 1 Lahat : Wujudkan Indonesia Emas 2045

Sebarkan artikel ini

Relasipublik.com | Lahat
—Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober di Indonesia, pun di SMK Negeri 1 Lahat melaksanakan upacara hari kesaktian Pancasila.

Kepala SMK Negeri 1 Lahat Misniati SPd MSi menyampaikan ” Tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila, yang mengingatkan betapa pentingnya Pancasila sebagai landasan ideologi dalam menjaga persatuan dan integritas bangsa”, katanya. Pada Jumat (04/10/2024)

Hari Kesaktian Pancasila menjadi pengingat bahwa Indonesia pernah mengalami ujian berat ketika ada upaya mengganti dasar negara dengan ideologi lain. Peristiwa G30S yang terjadi pada tahun 1965 merupakan salah satu titik balik yang menunjukkan kekuatan dari persatuan bangsa dalam mempertahankan dasar negara. Peringatan ini mengajak masyarakat untuk tidak melupakan sejarah .

“Kesaktian Pancasila menunjukkan bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang sakti atau kuat, tak tergoyahkan oleh ancaman apa pun. Ketahanan ini menjadikan Pancasila sebagai pedoman yang relevan dalam menjaga kebhinekaan dan integrasi nasional. Yang melambangkan bahwa Pancasila telah teruji dan tetap menjadi ideologi bangsa, meskipun berbagai cobaan dan tantangan menghadang”, ucap Kepsek.

Melalui peringatan hari kesaktian Pancasila mengingatkan bahwa Pancasila adalah satu-satunya dasar negara yang mampu mempersatukan berbagai perbedaan yang ada di Indonesia, baik itu perbedaan suku, agama, ras, maupun golongan. Oleh karena itu, semangat kesatuan dan gotong royong sebagai ciri khas bangsa harus tetap dijaga agar integritas bangsa tidak terganggu.

“Peringatan ini juga berfungsi sebagai pembelajaran bagi generasi muda mengenai pentingnya menjaga ideologi bangsa. Generasi penerus perlu memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila agar mereka dapat menjadi penerus bangsa yang cinta tanah air, tidak mudah terpengaruh oleh ideologi-ideologi yang dapat memecah belah, serta tetap memegang teguh prinsip-prinsip kebhinekaan dan persatuan”, tuturnya.

Dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan melakukan upacara diharapkan dapat menginspirasi pelajar khususnya pelajar SMK negeri 1 Lahat untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila, menumbuhkan semangat kebangsaan.
dalam mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045 “, katanya. (EY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *